10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik Dan Aman Untuk Memutihkan Wajah

Apakah bisa hanya dengan menggunakan Sabun Pencuci Muka / Facial Wash mendapatkan kulit wajah yang putih dan sehat? Jawabannya tentu bisa! Karena langkah awal dan penting untuk mendapatkan kulit yang putih dan sehat adalah mencuci muka. Ya, Anda harus memilih Sabun Pencuci Muka / Facial Wash yang mampu membersihkan dan memberi efek memutihkan wajah.

Membersihkan wajah dengan air saja tidak cukup. Dibutuhkan sabun pembersih wajah untuk menghilangkan minyak dan kotoran pada wajah secara menyeluruh. Sebelum memilih sabun pembersih wajah, teliti dulu kandungannya agar bisa mendapatkan yang sesuai jenis kulit.

Terdapat berbagai jenis sabun pembersih wajah dengan kandungan dan klaim khasiatnya untuk kulit. Namun Anda disarankan tidak tergoda dengan klaim tersebut tanpa mengetahui kandungan sabun pembersih wajah dan jenis kulit yang dimiliki.

Untuk mengetahui jenis kulit, coba cuci muka menggunakan sabun pembersih wajah dan keringkan. Setelahnya, jangan gunakan pelembap atau apa pun pada wajah. Tunggu selama satu jam lalu tekan tisu atau kertas minyak (oil paper) di area kening, hidung, pipi, dan dagu.

Jika wajah tidak nampak mengkilap dan tidak ada minyak yang menempel di kertas minyak, kemungkinan kulit Anda normal. Sedangkan bila wajah terasa kencang dan seperti ditarik, Anda memiliki kulit kering. Kulit berminyak ditandai dengan berminyaknya oil paper atau tisu saat Anda menempelkannya di wajah. Tipe terakhir adalah tipe kulit kombinasi yang ditandai dengan dagu, kening, dan hidung berminyak, namun area pipi kering atau normal.

Kandungan Pembersih untuk Kulit Sensitif

Istilah kulit sensitif digunakan untuk menggambarkan kulit yang rentan mengalami iritasi terhadap kosmetik dan zat-zat tertentu. Karakteristik kulit sensitif ditandai dengan kulit terasa kencang, terutama setelah menggunakan sabun pembersih wajah. Kulit ini juga lebih rentan mengalami kekeringan yang berkembang menjadi dermatitis.

Dalam memilih sabun pembersih wajah untuk kulit sensitif, disarankan untuk memilih produk:
  • Pembersih wajah bebas sabun atau deterjen.
  • Produk berlabel hypoallergenic, karena tidak mengandung zat yang menyebabkan alergi.
  • Produk tanpa pewangi, karena pewangi tambahan bisa menyebabkan alergi.
  • Hindari produk yang berbahan iritatif, seperti sulfat dan alkohol.
  • Kandungan Pembersih untuk Kulit berminyak

Kulit berminyak ditandai dengan produksi minyak (sebum) berlebihan oleh kulit. Kulit berminyak nampak mengkilap, memiliki pori-pori besar, dan terasa lebih cepat kotor. Selain itu, make up sulit menempel dan lebih rentan berjerawat. Meski demikian, kulit berminyak juga punya sisi positif. Minyak di wajah mencegah kulit dari kekeringan dan melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini.

Dalam memilih sabun pembersih wajah, disarankan yang mengandung:
  • Hyaluronic acid
  • Kelebihan minyak bukan berarti memilih sabun pembersih wajah yang membuat kulit jadi kering. Pilihlah sabun pembersih wajah yang mengandung hyaluronic acid yang dapat melembapkan tanpa membuat kulit terasa berat.
  • Niacinamide
  • Niacinamide efektif menyerap sebum sehingga kulit terasa tidak terlalu berminyak. Selain itu, niacinamide juga dapat merangsang produksi kolagen alami dan menyamarkan pori-pori besar.
  • Retinol
  • Retinol merupakan zat turunan vitamin A yang bermanfaat menyamarkan keriput dan mengatasi hiperpigmentasi. Retinol juga merangsang produksi kolagen dan mengencangkan pori-pori, serta mengontrol produksi minyak.
  • Asam salisilat (salicylic acid)
  • Asam salisilat bekerja dengan cara menyerap minyak di dalam pori-pori. Hasilnya pori-pori nampak lebih kecil dan bebas minyak.
  • Asam glikolat (glycolic acid)
  • Asam glikolat mengurangi kelebihan minyak, mencegah penyumbatan pori-pori, dan menjaga kelembutan kulit, serta merangsang pengelupasan sel-sel kulit.
  • Dimethicone
  • Dimethicone membuat kulit terasa halus dan tidak berminyak setelah mencuci muka.

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, hindari sabun pembersih wajah yang mengandung minyak mineral, petrolatum, dan petroleum, karena kandungan ini bersifat comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan risiko jerawat.

Sabun Pembersih untuk Kulit Kering

Kulit kering disebabkan oleh minimnya kandungan pelembap di lapisan luar sel kulit. Karateristik kulit kering yakni kulit kurang lentur, terasa kasar, pecah-pecah, dan garis wajah yang terlihat jelas. Jika salah memilih kandungan sabun pembersih wajah, kulit kering akan terasa tertarik setelah mencuci muka.

Agar kulit wajah tidak semakin kering, disarankan memilih sabun pembersih wajah yang mengandung:

Gliserin

Gliserin dapat mengikat kelembaban kulit secara efektif sehingga mencegah kekeringan.

Vitamin E dan minyak jojoba

Vitamin E dan minyak jojoba mudah diserap kulit dan melembapkan tanpa membuat kulit terasa berminyak.

Urea

Urea dapat membantu mengatasi kondisi kulit kering. Hal ini diperkuat oleh studi yang menyebutkan bahwa urea dapat membantu mengurangi kehilangan air yang membuat kulit menjadi cepat kering.

Untuk jenis kulit kering, hindari sabun pembersih wajah yang mengandung:
  • Detergen/SLS (sodium laureth sulfate)
  • Sabun tanpa detergen mungkin tidak berbusa, namun hal ini tidak memengaruhi efektivitas produk dalam membersihkan kulit.
  • Asam salisilat dan asam glikolat
  • Asam salisilat dan asam glikolat dianjurkan untuk pemilik kulit berminyak. Tapi jika digunakan oleh pemilik kulit kering, kedua zat ini dapat menyerap minyak yang justru dibutuhkan oleh kulit kering.
  • Alkohol, pewangi tambahan, dan bahan antibakteri
  • Pilihlah produk bebas alkohol dan pewangi tambahan, karena kedua zat ini membuat kulit semakin kering. Sabun pembersih wajah antibakteri juga tidak dianjurkan bagi pemilik kulit kering karena dapat mengiritasi kulit sehingga memperparah kondisi kulit kering.
  • Pembersih Wajah untuk Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi terasa berminyak di area T (kening, hidung, dan dagu), namun di area lainnya kering atau normal. Pemilik kulit kombinasi juga mungkin memiliki wajah yang mengkilap, berkomedo, dan pori-pori yang terlihat besar.

Karena tipe yang berbeda ini, Anda dapat menggunakan dua sabun pembersih wajah sesuai masalah pada kulit wajah. Namun tetap hindari pembersih wajah yang mengandung alkohol, pewangi, dan bersifat antibakteri. Pilihlah sabun pembersih wajah bertekstur gel yang dapat membersihkan dan melembapkan, namun tidak menyumbat pori-pori.

Kandungan Pembersih Wajah untuk Kulit Normal

Tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak merupakan karateristik kulit normal. Pada umumnya, kulit normal tidak memiliki masalah dengan tampilan pori-pori halus dan kulit yang bersih.

Pilihlah sabun pembersih wajah yang dapat menghidrasi kulit. Jika kulit terasa kering setelah mencuci muka, ganti dengan sabun pembersih wajah yang formulanya lebih lembut.

Selain kandungan, jenis dan tekstur sabun pembersih wajah juga penting. Sabun berbentuk batang dapat membuat kulit lebih rentan kering dan mengalami iritasi, karena formulanya yang keras. Gunakan sabun pembersih wajah bertekstur cair atau busa karena lebih lembut.

Setelah wajah bersih, oleskan pelembap untuk mengembalikan kelembapan kulit. Setelah itu, oleskan tabir surya dengan minimal SPF 30 untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Hindari sinar matahari langsung terutama pukul 10 pagi sampai pukul 2 siang. Untuk kulit wajah yang bersih secara menyeluruh, imbangi perawatan kulit dengan gaya hidup sehat, seperti banyak minum air putih, berolahraga, dan mengonsumsi makanan sehat.

Dengan mengetahui jenis kulit dan teliti terhadap kandungan sabun pembersih wajah, Anda dapat menentukan pembersih yang paling sesuai. Namun jika produk yang dipakai justru menimbulkan masalah pada kulit, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter kulit.

Jika Anda melihat di supermarket banyak dijual Sabun Pencuci Wajah / Facial Wash untuk mencerahkan kulit wajah. Namun, tidak semua sabun muka tersebut memiliki kualitas terbaik. Nah, kali ini ada beberapa rekomendasi  daftar merk sabun muka untuk memutihkan wajah yang terbaik dan sudah terjamin keamanannya, berikut rangkumannya:

1. Garnier Duo Clean Whitening and Smoothening Foam


Garnier Duo Clean Whitening and Smoothening Foam merupakan sabun pencuci muka yang mengandung sari buah leci dan ekstrak buah anggur yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini bermanfaat untuk mengembalikan kesegaran kulit dan memberikan efek mencerahkan.

Dengan pembersih ganda yang terkandung dalam pencuci muka dari Garnier, produk ini mampu membersihkan kulit wajah Anda dua kali lipat lebih bersih sehingga kulit wajah akan terlihat lebih putih. Hanya dengan penggunaan teratur dari produk seharga 45 ribu rupiah ini, Anda sudah bisa mendapatkan kulit yang lebih putih dan lembut.

2. Pond’s White Beauty Facial Foam


Bagi Anda yang memiliki noda hitam membandel di wajah, tentunya Anda mendambakan kulit cerah, bukan? Sabun pencuci muka dari Pond’s ini dapat dijadikan pilihan! Pond’s memproduksi sabun pencuci muka yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Sabun pencuci muka Pond’s tidak hanya memberikan efek memutihkan, tetapi Anda akan mendapatkan wajah yang putih merona dan sehat. Pond’s White Beauty Facial Foam ini diperkaya dengan 50% krim pemutih dan vitamin B3. Hanya dalam 2 minggu, noda hitam pada kulit Anda akan tersamarkan dan wajah akan terlihat lebih mempesona!

3. Zee Beauty Care Sabun Pencuci Wajah / Facial Wash 


Perawatan wajah masa kini diperlukan cream yang benar-benar terbukti bisa membantu mencerahkan wajah serta dapat membantu memutihkan kulit wajah dengan baik, Zee beauty care cream pemutih wajah hadir sebagai salah satu solusi terbaik untuk kulit wajah anda.

Karena Zee beauty care cream pemutih wajah telah teruji secara klinik sebagai cream pemutih wajah yang aman dan bisa digunakan secara terus menerus dalam setiap aktifitas anda, sehingga membantu merawat kulit wajah cantik anda dengan baik dan nyaman karena Zee beauty care cream pemutih wajah ini telah memiliki sertifikat aman dari BPOM sebagai lembaga resmi pemerintah yang mengawasi tentang segala macam jenis obat atau makanan yang digunakan masayarakat secara ketat agar tercipta produk terbaik dibarengi bahan-bahan yang diperbolehkan untuk digunakan masyarakat.

Zee beauty care cream pemutih wajah selalu memberikan hasil terbaik agar bisa menambah rasa percaya diri dengan kulit wajah yang bersih dan segar sepanjang hari. Jangan ragu untuk menggunakan selalu Zee beauty care cream pemutih wajah yang 100% aman untuk digunakan setiap hari.

Sabun Pemutih Wajah  Zee Beauty Care telah memastikan produk aman yang bisa digunakan sehari-hari dalam menunjang aktifitas anda, Segeralah gunakan produk yang telah memiliki sertifikat BPOM agar hidup lebih sehat dan bercahaya.


4. Hadalabo Shirojyun Ultimate Whitening Face Wash


Bagi Anda yang memiliki kulit kusam, sabun pencuci muka Hadalabo Shirojyun Ultimate Whitening Face Wash bisa menjadi pilihan. Sabun pencuci muka ini efektif mengangkat kotoran dan minyak sehingga dapat membersihkan kulit wajah dengan lebih maksimal.

Hadalabo memperkaya sabun pencuci muka ini dengan whitening extract dan arbutin yang dapat memberikan efek memutihkan dan meratakan warna kulit. Selain itu, sabun pencuci muka ini juga mengandung asam hyaluronic yang dapat menjaga kelembapan sehingga kulit tetap lembut.

5. Himalaya Clear Complexion Whitening Face Wash


Merek skin care asal India ini memproduksi pencuci muka yang bebas dari sabun sehingga aman dan mengurangi risiko iritasi pada kulit sensitif. Himalaya Clear Complexion Whitening Face Wash ini mengandalkan tumbuhan herbal untuk merawat kesehatan kulit dan mencerahkannya.

Produk ini memanfaatkan ekstrak delima yang kaya akan polifenol sebagai antioksidan, dan bunga saffron yang dapat memutihkan kulit, memberikan rona merah, dan menghilangkan jerawat serta noda hitam. Selain itu, produk ini menggunakan timun yang memberikan efek menenangkan kulit, serta licorice dan white dammer untuk mencegah munculnya melanin dan mengembalikan cerah alami kulit Anda.

6. Kanebo Suisai Beauty Clear Powder


Merek kosmetik asal Jepang, Kanebo, mengeluarkan sabun cuci muka dalam bentuk bubuk. Sabun pencuci muka bubuk dari Kanebo ini memiliki kemasan yang unik dan sangat travel-friendly. Bagi Anda yang sering bepergian, produk ini bisa menjadi pilihan karena bisa dibawa sesuai jumlah pemakaian yang dibutuhkan.

Butiran-butiran sabun pencuci muka ini dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menempel pada wajah. Diperkaya dengan royal jelly, ektrak tofu, dan asam hyaluronic, sabun cuci muka Kanebo membuat kulit lebih bersih, lembap, dan putih bercahaya.

7. Tosowoong Enzyme Powder Wash


Tosowoong Enzyme Powder Wash merupakan sabun pencuci muka dalam bentuk bubuk yang mampu membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati dan sebum yang menempel pada kulit wajah Anda. Sabun pencuci muka ini diperkaya dengan vitamin E yang dapat melembapkan, melembutkan, dan membersihkan kulit.

Tosowoong Enzyme Powder Wash ini juga dapat mencerahkan tanpa meninggalkan efek kering pada kulit. Sabun pencuci muka bubuk ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif. Untuk Anda yang berkulit super sensitif, pencuci muka bubuk ini dapat digunakan sebagai exfoliator.

8. Kiehl’s Clearly Corrective White Purifying Foam


Produsen asal Amerika, Kiehl’s, mengeluarkan pencuci muka yang mampu menyamarkan noda hitam membandel pada kulit wajah Anda. Sabun pencuci muka Kiehl’s ini bekerja membersihkan makeup dan kotoran tanpa membuat kulit Anda kering.

Produk ini tidak menggunakan bahan berbahaya seperti paraben, pewangi, maupun pewarna. Jadi, jika Anda sensitif terhadap bahan-bahan tersebut, pencuci muka ini adalah pilihan tepat bagi Anda! Kiehl’s Clearly Corrective White Purifying Foam menggunakan white birch dan ekstrak bunga peoni yang mampu meratakan warna kulit dan membuatnya lebih cerah berkilau.

9. Laneige White Plus Renew Bubble Cleanser


Laneige White Plus Renew Bubble Cleanser menghasilkan busa yang sangat ringan dan halus yang dapat membersihkan kotoran dan sisa makeup dari pori-pori wajah Anda. Busa dari sabun pencuci muka ini berbahan dasar asam amino yang ramah bagi kulit untuk menjaga kelembapan kulit Anda.

Sabun pencuci muka Laneige mengandung salicylic acid yang dapat mengangkat dan menghilangkan sel kulit mati sehingga dapat memberikan efek memutihkan pada wajah Anda. Sel kulit mati penyebab kulit kusam akan langsung terangkat sejak pemakaian pertama dari sabun cuci muka asal Korea ini!

10. SK-II Facial Treatment Gentle Cleanser


Kandungan pitera untuk wajah lebih cerah dan lembut

SK-II selalu memasukkan pitera ke dalam setiap produknya, tidak terkecuali pada sabun pencuci muka yang satu ini. Berbagai bahan-bahan terbaik untuk kulit selain pitera yang terkandung di dalamnya antara lain adalah vitamin, asam organik, asam mineral, amino, dan white willow extract yang bekerja maksimal untuk menghilangkan kotoran di sekitar dan di dalam pori-pori.

Penggunaan sabun pencuci muka dari SK-II ini secara teratur akan membuat kulit terasa lebih putih, cerah, lembut, halus, dan lembap. Sabun pencuci muka ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Dengan harga 455 ribu rupiah untuk ukuran 120 gram, sabun pencuci muka SK-II ini merupakan investasi yang berharga bagi kulit Anda.

Berikut Rekomendasi 10 Sabun Pencuci Muka / Facial Wash terbaik yang kami rangkum untuk anda, Semoga bermanfaat ya. Dan Meskipun Anda telah menemukan pencuci wajah yang memiliki efek memutihkan, Anda mungkin tidak akan mendapatkan manfaatnya secara maksimal jika tidak menggunakannya dengan benar. Selain itu, Anda harus menggunakan pencuci muka dengan benar agar tidak melukai kulit wajah.

Pastikan untuk benar-benar menghasilkan busa dari sabun cuci muka yang Anda gunakan kemudian ratakan wajah dengan lembut. Jangan menggosokkannya dengan kasar. Sebaiknya jangan mencuci muka terlalu lama. Anda cukup melakukannya dalam 2-3 menit, usahakan tidak lebih dari itu.

Terakhir, basuh wajah dengan air atau air hangat dan pastikan tidak ada sisa yang menempel. Jika Anda tidak ingin memberikan beban pada kulit wajah, lebih baik membasuh menggunakan air hangat.

Apakah Anda sudah mencoba menggunakan pencuci muka yang memiliki efek memutihkan? Jika belum, ada baiknya Anda mulai mencobanya sekarang. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menggunakan pelembap yang juga memiliki efek memutihkan setelah mencuci muka.

Bagaimana pendapat Anda tentang Rekomendasi 10 Sabun Pencuci Muka / Facial Wash dari kami? Semoga melalui rekomendasi ini Anda dapat segera menemukan sabun cuci muka yang dapat memutihkan sesuai jenis dan permasalahan kulit Anda. 

Comments