Penting Untuk Tahu, Perbedaan Antara Kosmetik Organik, Cruelty-Free, Dan Vegan

Ladies mungkin sering mendengar idiom “orange is the new black” beberapa tahun belakangan ini, terutama setelah hadir serial televisi berjudul serupa sejak tahun 2013 silam. Namun, di dunia kosmetik, tampaknya warna yang akan menjadi the new black adalah green alias hijau. Industri kosmetik sudah berubah drastis dalam waktu beberapa dekade ini. 

Saat ini Ladies bisa menggunakan produk perawatan kulit dan kosmetik tanpa perlu melukai planet bumi tercinta kita ini. Ada sejumlah produk natural di etalase took kecantikan yang mengklaim dirinya sebagai “organic” dan “cruelty-free”. Namun, sebelum Ladies menggunakan produk-produk tersebut dengan tujuan untuk lebih mendekatkan diri pada sang Ibu Pertiwi, akan lebih baik apabila Ladies benar-benar memahami maksud dari klaim tersebut. Ingin tahu apa sih maksud berbagai klaim label kosmetik saat ini? Yuk, cek ulasannya di bawah ini.


1. Organic

Organic atau organik adalah label yang cukup umum dimiliki berbagai produk kecantikan, terutama produk yang dibuat secara tradisional. Lalu, apa maksud klaim organic ini? Sederhananya, ketika sebuah produk mengandung minimal 95% bahan organik, maka produk tersebut dapat menerima sertifikasi organic USDA atau Departemen Pertanian Amerika Serikat. Di bawah kategori organic ada juga label ‘Made with Organic xxx’ yang ditujukan untuk produk dengan kandungan bahan organik setidaknya 70%.

2. Cruelty-Free

Apakah Ladies pernah melihat logo kelinci mungil pada label kemasan kosmetik ataupun produk perawatan kulit milikmu? Kalau iya, berarti produk Ladies sudah disertifikasi oleh program Leaping Bunny sebagai produk yang tidak mengujicobakan produknya pada hewan dengan cara apapun. Ingat, label ini hanya menyoroti perihal pengujicobaan produknya saja, bukan komposisi dari produk itu sendiri. Artinya, produk ini memiliki kesadaran etis untuk melindungi binatang dari kekejaman, tetapi tidak serta-merta membuat produk ini berbahan natural.

3. Vegan

Produk dengan label vegan sama dengan pola diet vegan. Artinya, produk dengan label vegan ini tidak mengandung zat hewani di dalamnya. Akan tetapi, bukan berarti produk vegan ini bebas dari zat kimia buatan, ataupun juga bebas dari pengujicobaan pada hewan.

Bagaimana, sudah memahami tiga label penting di atas Ladies?

Jika Ladies memegang teguh prinsip etika berkosmetik di atas, janganlah percaya label secara membabi-buta. Perlu diketahui bahwa label vegan dan cruelty-free bukanlah istilah yang dapat ditukar. Jadi, pelajar setiap daftar komposisi sebuah produk dan pastikan produk tersebut disertifikasi oleh organisasi seperti PETA dan The Vegan Society.

Comments