Tips Memilih Pelembap Yang Cocok & Aman Untuk Kulit Psoriasis

Memilih produk perawatan kulit itu perlu Anda diperhatikan. Apalagi jika Anda memiliki psoriasis, Anda perlu ekstra hati-hati dengan kondisi kulit Anda. Perawatan kulit yang tepat bisa jadi cara untuk mengendalikan dan mencegah gejala psoriasis jadi makin parah. Untuk itu, simak panduan memilih pelembap untuk psoriasis berikut ini.


Panduan memilih pelembap untuk psoriasis

Pelembap jadi produk perawatan kulit yang sangat penting untuk psoriasis. Pelembap menjaga kelembapan kulit sehingga mengurangi rasa gatal, kulit kering, dan retak akibat psoriasis. Ini akan mengurangi risiko terjadinya jaringan parut atau infeksi kulit.

Selain mengetahui cara memilih pelembap untuk psoriasis yang tepat, jangan lupa konsultasi dulu dengan dokter Anda sebelum menggunakannya. Berikut panduan memilih pelembap yang tepat dan aman untuk orang dengan psoriasis, antara lain:

1. Paham poin penting sebelum memilih pelembap

Ada banyak produk pelembap yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kelembapan kulit untuk psoriasis. Namun, ada beberapa faktor yang memengaruhi keefektifan pelembap bagi kulit psoriasis, yaitu:

Pahami seberapa parah kondisi kulit
Tahu jenis psoriasis yang Anda miliki
Area kulit yang terkena psoriasis
Bahan-bahan aktif yang terkandung pada pelembap.

2. Jenis pelembap yang aman bagi psoriasis

Banyaknya jenis pelembap di pasaran, pasti membuat Anda bingung arus pilih yang mana. Namun, tidak semua jenis pelembap itu aman untuk kulit dengan psoriasis. Beberapa jenis pelembap yang aman kandungannya untuk psoriasis, antara lain:

 Retinoid

Retinoid sering digunakan untuk mempercepat pengelupasan kulit yang mulai berkerak atau kering. Saat kulit mengering, akan muncul rasa gatal dan tidak nyaman. Semakin cepat kulit tersebut terkelupas, rasa gatal dan tidak nyaman juga akan ikut berkurang.

Selain itu retinoid juga mengandung tambahan vitamin A, yang membantu lindungi kulit dari kerusakan sinar matahari dan penuaan.

Coal tar atau vitamin D

Coal tar membantu kulit jadi lebih sehat dengan memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit baru. Orang dengan psoriasis memiliki pertumbuhan sel kulit baru yang abnormal dan sangat cepat. Zat ini akan mengurangi kondisi kulit bersisik pada orang dengan psoriasis. Karena kandungannya, pelembap ini juga bisa digunakan pada kulit sekitar kepala.

Selain coal tar, Anda juga bisa memilih pelembap dengan kandungan vitamin D. Cara kerja vitamin D sama seperti pelembap yang mengandung coal tar. Sayangnya, vitamin D kemungkinan dapat mengiritasi kulit bagi sebagian orang.

Antralin

Antralin mampu memperlambat pertumbuhan sel kulit baru sekaligus mengurangi pembengkakan kuli akibat psoriasis. Pelembap dengan kandungan ini memiliki efek samping yang paling minim, sehingga dianggap aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

Asam salisilat

Asam salisilat dapat membantu menghilangkan tampilan kulit bersisik dan bercak-bercak akibat psoriasis. Penggunaan asam salisilat bisa digunakan bersamaan dengan pelembap lainnya karena asam salisilat dapat membantu krim lain menembus kulit lebih baik.

Krim kortikosteroid

Krim kotrikosteroid mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada bercak kulit akibat psoriasis. Biasanya krim ini digunakan untuk area kulit yang lebih sensitif atau sulit dijangkau pelembap biasa.

3. Lakukan uji sensitivitas dan efektivitas pelembap

Kandungan pelembap yang aman untuk psoriasis sangat banyak dan tentu saja akan membuat kulit Anda membaik. Namun, beberapa produk mungkin memiliki risiko dan efek samping walaupun cukup kecil dan ringan. Jadi, pilihlah produk dengan ukuran yang lebih kecil.

Sebelum menggunakannya sebagai perawatan, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter Anda. Bisa juga melakukan uji sensitivitas lebih dulu. Caranya, oleskan sedikit saja pelembap pada area kulit yang tidak mengalami gejala psoriasis.

Comments